Minggu, 21 Oktober 2007

EPISODE RAMADHAN 2 : KOMPETISI JALAN HIDAYAH


"Siapa yang sudah menyampaikan materi tentang sedekah ?"
"Gimana, materi tentang jilbabnya sukses ?"


Kira-kira begitulah pertanyaan yang diajukan oleh senior kami Kang Asep, saat beliau menjadi koordinator murabbi pada acara pesantren resmi kelas 1 di SMA 8 Bandung. Mau tau beberapa jawaban dari temen-temen murabbi ?

"Kang, di kelas saya hari pertama, anak-anak sedekahnya cuman sekian, kini naek 300 % !"
"Kalo di kelas saya mah, insya Allah pekan depan akan ada beberapa adik siswi yang bakal langsung berjilbab"


Bener-bener bikin saya iri. Dalam sudut pandang yang positif tentunya. Dan sungguh, baru kali ini saya tergabung sama satu tim yang spirit dakwahnya sangat tinggi. Ngga cuman seorang dua orang kayak kepanitiaan di kampus pada umumnya.

Sebenernya, guru-guru cuman minta kami, para alumnus, buat jadi pembimbing kelas. Jadi walau namanya keren "murabbi" lingkup tugasnya mah cuman ngejaga kelas biar aman terkendali. Karena yang ngasih materi mah guru-guru.

Tapi, emang bener-bener tim ini "edan" pisan. Jadi, kalo ada guru yang telat hadir atau bahkan lupa dateng ke kelas. Bukannya pada manggil ke ruang guru. Kami para murabbi, malahan berupaya sepenuh energi untuk menjadi jalan hidayah bagi adik-adik kelas 1 ini.

Ada yang kreatif ngasih simulasi dan games berhikmah
Ada juga yang full materi keislaman dibumbui contoh kasus yang up to date

Ada lagi yang mancing, ngebuka diskusi tentang permasalahan sehari-hari

Saya sungguh bersyukur bisa ikut berkontribusi. Padahal mungkin secara keilmuan banyak yang lebih layak. Secara amal, banyak yang lebih ikhlas. Tapi, Allah emang punya rencana tersendiri. Saya dikasih bisnis yang ngga terlalu butuh keberadaan saya di lokasi. Jadi aja, bisa ngebantuin panitia.

Dan yang bikin saya harus lebih banyak bersyukur adalah, karena momen ini dikaruniakan pas bulan Ramadhan. Duh, ngga kebayang besarnya ganjaran dari Allah kalo amal kami teh ikhlas.

Saya berharap, kerja-kerja dakwah kami kemarin diterima oleh Allah. Dan juga, ada satu dua hati yang tergerak menyambut indahnya Islam. Karena menjadi jalan hidayah (selain jalan rezeki) adalah amal yang strategis. Amal yang terus mengalir selepas kita wafat.

Mudah-mudahan pasca ramadhan, spirit kita untuk berkompetisi agar jadi jalan hidayah tetep tinggi. Amin

2 komentar:

Fanni mengatakan...

jangan jadi iri, gah....
Kamu secara tidak langsung sudah mendorong saya untuk memutuskan mengenakan jilbab pada kuliah semester 2 dan alhamdulillah sampai sekarang.

anugerah perdana mengatakan...

Alhamdulillah

Siapa tau berjilbabnya Fanni ternyata menginspirasi temen/famili/relasinya Fanni

Lumayan kan kacepretan pahala :)