Selasa, 11 Desember 2007

QURBAN KEDUA


Pertanyaan ini saya ajukan ke adik mentor di almamater saya tadi sore. Saat ini status mereka adalah mahasiswa tingkat III. Dan satu persatu mereka menjawab dengan kalimat serupa "Diqurbanin atas nama orangtua kang"

Tapi ternyata ada satu yang berbeda! Karena adik mentor saya yg satu ini ternyata qurban dengan uang sendiri. Namanya Adi. Dan saya tahu betul sejarahnya.

Jadi gini, tahun lalu (2006) dia pernah ngobrol sama saya. Katanya, tahun depan (alias sekarang 2007) dia niat mau kurban pake uang sendiri. Maka, sebagai bukti dari niatnya itu, dia take action dengan mulai menabung.

Nah harap diingat, statusnya adalah mahasiswa. Tidak bekerja, dan tidak pula berbisnis. Tapi begitulah, Allah senantiasa menghargai orang yang berani bertekad, dan membuktikan tekad tersebut dengan langkah pertama.

Lalu, setelah saya menjadikan Adi ini sebagai contoh teladan di hadapan kelompok mentoring kami, saya pun melanjutkan bertanya "Adi, apa ini qurban pertama yg pake uang sendiri?"

Dan jawabannya membuat saya ingin sembunyi karena malu
"Engga kang, ini qurban Adi yang kedua" Katanya ringan

NB :
1. Sekali lagi, daripada uang 800 ribu nongkrong di rekening, lebih baik beliin aja hewan qurban. Sekarang makin banyak kok lembaga2 yg siap nyalurin dagingnya ke pelosok2. Liat aja spanduknya di jalan2 deket rumah anda. Dijamin ga bakalan bikin miskin, insya Allah...

2. Bagi anda yang sudah pakar dalam menggunakan surat Al Kautsar sebagai menu utama sholat hehehe... maka aneh kalo tahun ini qurban tidak menjadi amal utama anda

3. Terkait dengan cerita qurban diatas. Tidak sedikit juga keajaiban terjadi pada orang yg berangkat haji, dengan take action membuka rekening walau setoran awalnya rendah atau minimal kalo emang dia niat haji, dia dateng nanya2 ke bank.

4 komentar:

Adhi mengatakan...

Assalammualaiku akhi

Langsung dari surabaya, kumaha damang?

Ada info terkait pelaksanaan kurban yayasan ( tempat dan panitianya?) untuk ana bisa ikut gabung?

Hayu ahh urang ngeblog rame-rame!

anugerah perdana mengatakan...

Seperti biasa akh, qurban wahdah bandung dipusatkan di markaz padasuka

Antum bisa kontak pak budiman, katanya ada kiriman ratusan kambing dari dermawan arab saudi.

Siapa tau di kompleks perumahan antum perlu, buat dibagiin ke warga

yayan mengatakan...

insya Allah mau ngadain mabit juga kalo nggak salah, di markaz, sekitar tanggal 22 gitu?? sekalian makan2 daging qurban..

anugerah perdana mengatakan...

oiya ya ada mabit, lupa
mudah2an bisa ikut

tapi gimana ya, akhir taun teh keluarga suka pada ngarumpul

ah, gimana entar aja
mudah2an bisa dua2nya terpenuhi